talent management

3 Manfaat Talent Management Ini Pastikan Perusahaan Berkembang Pesat

Salah satu faktor penting yang memengaruhi kemajuan sebuah perusahaan adalah kompetensi dari SDM yang dimiliki. Oleh sebab itu, perusahaan, melalui tim HR harus jeli dalam menyaring kandidat saat rekrutmen karyawan. Tak hanya berhenti disitu saja, perusahaan juga harus bisa melihat potensi setiap karyawan untuk nantinya dikembangkan dan bermanfaat pada kemajuan perusahaan. Talent management menjadi sebuah strategi jitu yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk mengelola bakat yang ada di dalam diri setiap SDM yang dimiliki. Yuk simak informasi selengkapnya dengan terus membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Talent Management

Ada banyak permasalahan yang dihadapi perusahaan terkait pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki. Salah satu masalah yang kerap muncul diantaranya adalah kesalahan dalam menentukan jenjang karier karyawan. Kenaikan jabatan yang tidak diimbangi dengan bakat yang sesuai maka akan menimbulkan kesenjangan karier. 

Namun, belum terlambat bagi perusahaan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara yang tepat dalam menilai bakat karyawan dalam perusahaan yaitu dengan menerapkan talent management. Apa itu?

Talent management atau manajemen bakat adalah sebuah proses menilai kompetensi karyawan di dalam perusahaan. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kinerja karyawan selama ini sudah sesuai atau belum. Selain itu, melalui manajemen bakat tersebut, akan diketahui siapa saja yang memberikan kontribusi berharga dalam kemajuan perusahaan.

Penilaian tersebut umumnya ditangani oleh tim HR perusahaan untuk menentukan posisi apa yang cocok, waktu yang tepat untuk bekerja, serta hal-hal terkait penempatan pegawai. Hal ini juga bisa diartikan sebagai cara menempatkan orang yang tepat, di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Talent management adalah sebuah sistem untuk melakukan penilaian yang tepat terhadap masing-masing karyawan di perusahaan. Hasil dari penilaian tersebut digunakan untuk melihat dan menilai apakah karyawan tersebut dapat diandalkan dalam mencapai tujuan perusahaan atau tidak.

Namun, hanya  SDM perusahaan yang kompeten saja yang bisa dilibatkan dalam manajemen talenta ini. Dengan kata lain, tidak semua karyawan dapat dimasukkan ke dalam proses talent management perusahaan.

Baca juga: Mau Surat Lamaran Kerja Dilirik HRD? Simak 6 Tips Jitu Berikut Ini!

Proses Talent Management

Talent management memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Pada dasarnya, SDM yang memiliki talenta merupakan aset perusahaan yang harus dijaga. Melalui proses manajemen bakat ini, perusahaan dapat memaksimalkan value yang dimiliki tiap-tiap karyawannya. 

Dalam prosesnya, talent management dibagi menjadi 5, yaitu perencanaan, menentukan kandidat, proses seleksi, pengembangan skill, dan mempertahankan pegawai lama. Berikut ulasannya.

1. Melakukan Perencanaan

Proses talent management diawali dengan membuat perencanaan terkait identifikasi SDM yang dibutuhkan, merumuskan job description, serta melakukan pengembangan rencana pada saat seleksi karyawan.

2. Menentukan Kandidat yang Tepat

Setelah proses perencanaan dilalui, maka langkah berikutnya adalah menentukan kandidat yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Biasanya, perusahaan melalui tim HR akan memprioritaskan karyawan internal terlebih dulu. 

Namun, jika tidak ada kandidat yang sesuai, maka hal yang bisa dilakukan adalah merekrut karyawan baru dengan menyebar job vacancy di portal lowongan kerja dan media sosial. Pemilihan kandidat juga bisa dilakukan berdasarkan referensi. 

3. Proses Seleksi

Proses seleksi terdiri dari serangkaian tes dan pemeriksaan tertentu untuk mengetahui kesesuaian antara kandidat, deskripsi kerja, dan perusahaan. Umumnya, rangkaian tes yang diajukan adalah tes tertulis, interview, tes psikometri, FGD, dan sebagainya.

Baca juga: Wawancara Kerja Bisa Sukses dengan 6 Tips Penting Menghadapinya, Simak!

4. Pengembangan Bakat

Walaupun keterampilan seseorang menjadi pertimbangan penting dalam pencarian kandidat. Namun, perusahaan sebaiknya juga memperhatikan attitude calon kandidat yang akan dipilih. Bakat dapat dikembangkan melalui program pelatihan kerja, tapi attitude hanya bisa dikendalikan oleh masing-masing individu. 

Umumnya, program pelatihan karyawan tersebut diawali dengan program orientasi yang dilanjutkan dengan pengembangan skill, bakat, kecakapan, serta pertumbuhan kandidat lewat konseling, pembinaan, atau rotasi pekerjaan.

5. Mengoptimalkan Bakat Karyawan Lama

Tak hanya fokus pada karyawan baru, manajemen bakat juga ditujukan untuk karyawan yang sudah bergabung dalam perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan harus berusaha mempertahankan karyawan terbaiknya agar tidak keluar kerja atau tertarik pindah ke perusahaan lain. Hal ini bisa dilakukan dengan menawarkan jenjang karier,  dilibatkan dalam proyek khusus, pelatihan kerja, dan pemberian rewards kepada karyawan.

Baca juga: Tingkatkan Efektivitas Kerja dengan 6 Tips Manajemen Waktu Berikut!

Manfaat Talent Management

talent management

Sumber: freepik

Manajemen bakat secara efektif memberikan banyak keuntungan baik bagi perusahaan itu sendiri dan juga karyawan. Berikut telah dirinci 3 manfaat talent management dalam perusahaan beserta penjelasannya.

1. Menemukan Kandidat yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Manajemen bakat membantu perusahaan dalam menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, pihak manajemen akan membuat daftar skill yang dibutuhkan perusahaan untuk memudahkan seleksi kandidat saat proses rekrutmen berlangsung.

Saat berhasil mendapatkan SDM yang menguasai keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, diharapkan output yang dihasilkan lebih optimal dan memberikan manfaat yang signifikan.

2. Meningkatkan Retensi Karyawan

Talent management juga menjadi cara perusahaan dalam meningkatkan retensi karyawan. Hal ini diwujudkan dengan mempertahankan karyawan yang kompeten. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pegawai yang berprestasi merupakan aset berharga yang akan berpengaruh besar pada perkembangan perusahaan.

3. Perusahaan Tumbuh Lebih Baik

Manajemen bakat menjanjikan pertumbuhan perusahaan yang lebih baik. Pasalnya, penilaian yang dilakukan dalam talent management akan mengakomodir segala hal yang dibutuhkan perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan langkah-langkah apa saja yang sebaiknya diambil untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia Penting untuk Perusahaan Tumbuh dan Berkembang, Ini 7 Fungsinya!

talent management

Kemajuan teknologi membuat proses manajemen bakat semakin mudah untuk dilakukan. Gunakan aplikasi HR BroadwaysHR dalam proses rekrutmen untuk menemukan kandidat terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. 

Melalui fitur Organization Management, perusahaan dapat melakukan pengaturan job holder, employee assessment, employee training dan lain-lain secara lebih efisien. Hubungi kami dengan klik di sini untuk informasi lebih jauh ya!